header ads

Ini Himbauan NU Lebak Saat Beribadah di Masjid dan Musholla, Upaya Cegah Covid 19


Himbauan Cegah Covid 19 di Desa Lebak
telah terpasang di salah satu masjid Lebak


nulebak.or.id - Corona Virus Disease (Covid-19) yang kini tengah menjadi pandemi dan menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan bagi sebagian besar orang menimbulkan dampak tidak hanya kesehatan, tetapi meluas berdampak kepada ekonomi, sosial, kemanusiaan bahkan ibadah bagi umat Islam maupun agama lainnya.

Merespon hal tersebut, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama desa Lebak bersama pengurus ta’mir masjid dan musholla turut menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dalam aktivitas sehari-hari termasuk saat beribadah di masjid dan musholla.

Berikut ini himbauan untuk peran aktif masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid 19 selama beribadah di masjid dan musholla :

  1. Para jama'ah agar berwudlu dari rumah masing-masing.
  2. Para jama'ah agar membawa sajadah dari rumah masing-masing.
  3. Para jama'ah mohon mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer sebelum masuk masjid/musholla.
  4. Para jama'ah agar menjaga jarak shaf shalat antar jama'ah minimal 50 cm tanpa kontak badan.
  5. Para jama'ah agar melaksanakan ibadah secara singkat tetapi tetap khusyu', selesai beribadah disarankan langsung pulang.
  6. Para jama'ah mohon tidak bersalaman/berjabat tangan.
  7. Para jama'ah yang sedang batuk, demam, dan sakit seperti flu atau salesma, mohon sementara dapat beribadah di rumah hingga sehat kembali.
  8. Warga yang baru pulang dari perantauan dimohon beribadah sholat dirumah dulu
  9. Para jama'ah mohon melakukan upaya tanggap pencegahan Covid-19, dengan melaporkan jika ada warga masyarakat diduga terpapar virus korona, khususnya di sekitar masjid/musholla
  10. Para jama'ah mohon mengikuti protokol kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah, serta mengikuti perkembangan dan kebijakan pemerintah melalui media yang ada.
  11. Para jama'ah agar senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Memohon atas keselamatan dan lindungan-Nya. Semoga kita terhindar dari virus Covid-19 di lingkungan kita aman, serta Indonesia dan Dunia kembali normal.
Menurut Sukron Amin, Ketua Tanfidziyah PR NU Desa Lebak, himbauan tersebut sudah tercetak dan terpasang dibeberapa Masjid desa Lebak. Selebihnya pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui media sosial dan media lain yang ada. [Az]